Senin, 08 Februari 2016

Start Mail Merge. Apa itu?


CARA MENGGUNAKAN MAIL MERGE


Mail Merge - biasanya digunakan untuk membuat surat undangan, surat pengumuman ataupun surat lainnya yang ditujukkan untuk ke banyak orang.
Masih bingung bagaimana cara bikinnya? Nah kali ini saya ingin berbagi tentang step - step membuat surat untuk kebanyak orang.


1. Buka Microsoft Word kalian
2. Bikin suratnya. Digambar, saya hanya menuliskan Nama dan Alamat. Kalian bisa bikin sendiri isi suratnya kayak gimana.
3. Kalo sudah, klik " Mailings", lalu klik "Start Mail Merge". Lihat gambar


4. Klik " step by step mail merge wizard".
5. Lihat kotak dialog dibagian kanan, kalian masioh di step1. Untuk Letter biarkan saja. Sekarang klik Next untuk lanjut ke step2
6. Masih tetep, gausah di otak -atik, langsung lanjut ke step3, klik NExt lagi.
7. Nah di step3 ini kalian klik "Type a new list", lalu klik Create. Nanti tampilannya akan sepert ini:



8. Nahh pada kotak New Address List kan ada tulisan " title, first name, last name, company name, dan address line", itu kalian bisa ganti dengan ( misal ) nama, alamat, tahun ajaran ( jika untuk surat libur sekolah atau apa yang berhubungan dengan sekolah ), dan semacemnya deh,
9. Sekarang, klik "Costumize columns", tampilannya kek gini:







10.Kalo sudah sampai disini, tinggal kalian edit aja. Disini saya contohkan Cuma untuk nama dan alamat. Jadi, saya hanya merubah title dan First name, untuk title saya ganti jadi nama, untuk first name saya ganti dengan alamat.
11.Kalo sudah diganti, sekarang klik ok
12.Oya, udah tau belum fungsi "New Entry?" Fungsi New entry itu untuk menambahkan orang yang dituju. Disini saya kasih contoh 3 orang saja. Kalian terserah mau 8 9 atau 10, bebas aja.
13.Lihat gambar. Nahh jadinya seperti ini.


14. Kalo sudah, klik ok. simpannya terserah kalian aja.
15.Sekarang klik Next untuk lanjut ke step4
16. Buat ngisi "kepada" jangan lupa arrownya diarahkan dulu ke "text". Kalo sudah, klik " more items" dibagian kanan pada kotak dialog terus klik "insert". Kalo bingung lihat gambar.


17. Lakukan hal yang sama seperti nomer 16 untuk mengisi alamat, tahun ajaran atau apa aja yang sudah kalian sesuaikan.
18. Kalo berhasil tampilannya akan seperti ini.


19. Klik next untuk ke step5, dan liat hasilnya.


Masih bingung atau keliatan ribet? Liat aja videonya. Lebih mudah kok.



Previous
Next Post »

1 komentar:

esa tanjung delete 9 Februari 2016 pukul 17.45

wuisshhh hatur nuhun gan, sangat membantu untuk mereka yang belum mengerti :)

Posting Komentar