Minggu, 27 Maret 2016

KESALAHAN PARA BLOGGER DALAM MEMBUAT BLOG

KESALAHAN PARA BLOGGER



Blog - Untuk pemula kayak saya yang belum begitu faham tentang blog pasti masih bingung apa sihh yang dilakukan setelah membuat blog, apasih yang dilakukan setelah ganti template, apa yang dilakukan setelah membuat artikel.

Dari "bermain" blog, sobat bisa mendapatkan uang, sobat bisa mencari uang sendiri. Bagaimana caranya? Bagi sobat yang sudah cukup lama bermain blog mungkin tahu dengan sebutan "GA". Untuk yang belum tahu..
Jadi GA itu singkatan dari Google Adsense, dengan mendaftar google adsense sobat bisa mendapatkan uang.

Google Adsense setahu saya sih tempat penyedia iklan gitu, jadi iklan yang ditawarkan oleh pihak google ditampilkan kepada blog yang sudah mendapat "persetujuan" oleh pihak google.

Selain Google Adsense masih banyak lagi kok tempat penyedia iklan seperti google, ya mungkin penyedia iklan yang lain "tak seindah" Google Adsense.

Dari penjelasan saya diatas, lalu apasih kesalahan para blogger? Dimana salahnya?


1. Para Blogger Sangat Ter-obsesi Dengan Uang

Banyak para blogger yang sangat ter-obsesi dengan uang. Ya memang ter-obsesi dengan uang itu ga salah, karena hidup itu pasti butuh uang. Namun, yang salahnya itu ketika baru membuat blog - ganti tempate - post beberapa artikel,umur blog baru berapa minggu udah langsung daftar Google Adsense tanpa memikirkan pengunjungnya. Sedangkan Google Adnsese juga melihat traffic pengunjung dan konten di blog kita. Buat apa google adsense "menyetujui" per-iklanan di blog sobat kalo traffic dan kontennya nya masih standar?

Saran saya sih untuk mendaftar Google Adsense coba deh lihat dulu konten pada blog sobat berkualitas apa belum, lihat dulu traffic pengunjung pada blog sudah memenuhi standar apa belum, lihat trafficnya naik terus, standar, atau malah semakin turun. Kalo semakin turun yaa silahkan diperbaiki, banyak banyak blogwalking, berbagi di sosmed seperti Facebook, Twittter dan jangan lupa di share juga di akun Google+ nya sobat. Buatlah konten yang menarik untuk dibaca, buatlah sebisa mungkin pengunjung betah berlama-lama di blog kita.
Saya juga masih belajar kok, sama kayak pemula pemula yang lainnya.

2. Terlalu Sering Ganti Template

Nahh ini masih banyak para blogger yang sering gonta-ganti template, alasannya bermacam-macam. Ada yang ber-alasan untuk mempercantik tampilan blog, ada yang ber-alasan susah ganti menu navigasi dan masih banyak lagi.

Emang ada effeknya ya kalo sering gonta ganti template?

Setahu saya sih ada, yang jelas ini sangat mempengaruhi kepada traffic pada pengunjung kita.
Saran saya sihh jangan terlalu sering ganti template, mending sobat pilih dulu kira kira mana template yang  "paling" cocok untuk blog sobat.

3. Terlalu Banyak Video, Gambar atau Apapun Itu Yang Menggunakan Flash

Blog yang menggunakan Flash tidak disukai oleh google, untuk mendaftar Google Adsense juga mungkin sulit. Tapi jangan khawatir, kalo blog sobat sudah banyak sekali pengunjungnya untuk daftar Google Adsense juga yaa kemungkinan besarnya keterima, lihat aja web web yang sudah terkenal seperti 1cak, Kaskus, itu kan banyak gambarnya tapi tetep saja ada iklan Dari Google.

Namun, untuk blog yang masih "sangat baru" kemungkinannya sangat kecil untuk di approve Google Adsense jika di blognya terdapat banyak gambar, video ataupun yang semacemnya.

4. Masih Banyak Yang Blogger Belum Mengetahui Fungsi dari Rayapi Url

Sebenernya sih ini sepele, namun kalo terlupakan efeknya blog sobat tidak di muncul di pencarian Google. Kenapa bisa begitu? Karena Fungsi dari Rayapi Url itu untuk men-submit blog sobat ke pencarian google. Jika sudah membuat aritkel, silahkan di post lalu di submit di Rayapi Url.

5. Masih Banyak Yang Blogger Belum Mengetahui Cara Edit Menu Pada Blog.

Ini juga sama sebenernya hal sepele, namun ya efeknya... ya tau sendirilah haha.
Saya pernah baca di suatu grup di facebok, ada yang menanyakan seperti ini:

Mas, numpang tanya ini cara editnya gimana ya? *disertakan gambar blog dan tampilan menu navigasi seperti about, privacy policy, sitemap, contact us*

Terkadang ada juga yang menanyakan bagaimana ya cara mengedit tulisan menu yang sudah bawaan dari templatenya. Mksud saya begini..

Misal menu awalnya "Kesehatan", lalu pengen dirubah menjadi " Keindahan dunia" . Nahh semacem ini kan sebenernya mudah.

Kalo cara saya, silahkan buka blognya, klik kanan pada Menu yang ingin tulisannya diganti, lalu inspect elemen, cari kata katanya yang ingin diubah lalu copy. Kemudian.. Buka dashbord -  Edit Html - CTRL + F pada kotak yang terdapat kode kodenya - CTRL + V. Silahkan edit...Intinya saya kalo ingin mengedit sesuatu di blog yang kode kodenya tidak begitu rumit ya saya bermain inspect elemen.

6. Konten Yang SANGAT TIDAK BERKUALITAS

Untuk point ke-6 ini, memang banyak para blogger yang membuat artikel yang SANGAT TIDAK berkualitas demi rate, demi trafficnya.

Saya pernah liat di grup BLOGGER, ada yang share blognya tentang "H. Rhoma Irama Wafat, Fatin Shidqia meninggal, C. Ronaldho pemain bola kecelakan dan meninggal dunia", iitu berita macam apa? Membuat gosip hanya untuk kepentingan sendiri. Untuk mencari traffic blog bukan hanya dari situ kok, masih banyak cara yang lainnya.

7. Bully-an Para "Master" Blogger

Banyak sekali di grup, orang orang yang belum terlalu faham tentang blog ketika bertanya malah dibully oleh orang orang yang sudah "ahli" dalam dunia blog.
Tenang aja, ilmu kalau dibagi tidak akan habis kok malahan semaki bertambah.
Lagian kalo gamau berbagi ya usahakan jangan mem-bully para blogger newbie seperti saya yang masih bertanya-tanya tentang blog.

8. Membuat Artikel yang Isinya Sangat Sedikit

Lebih baik banyak post-an artikel tapi isi kata-kata nya sedikit dengan pengunjung ga terlalu banyak atau post-an sedikit tapi isi kata-katanya banyak dengan pengunjung yang ga terlalu banyak juga?

Kalo menurut saya sih mending sedikit post-an sedikit tapi isi kata-katanya banyak dengan pengunjung yang ga terlalu banyak. Kenapa begitu? Ya karena untuk sobat yang ingin mendaftar google adsense, artikel harus dipenuhi dengan kata-kata. Tidak masalah post artikel baru sedikit namun isi artikelnya banyak. Usahakan yang enak untuk dibaca

Pengalaman saya, post-an artikel baru 6 namun isi artikelnya terdapat lebih dari 800++ kata, tombol "mendaftar adsense"nya sudah muncul kok, malahan umur blog baru 1 mingguan.


Jadi, untuk sobat yang ingin mencari uang melalui google adsense sebaiknya lihat dulu traffik dan isi konten pada blog sobat, sudah layak apa belum? Sobat sendiri yang menentukan. Isi blog jangan terlalu banyak terdapat gambar atau videonya. Dan inget, jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftar google adsense. Ketika sudah membuat artikel, jangan lupa di submit di "Rayapi Url". Untuk masalah edit tulisan pada blog, cobalah "bermain" Inspect Elemen untuk mempermudah dalam mengedit tulisan. Usahakan isi artikel terdapat 800++ kata dan yang terpenting dalam seminggu usahakan untuk membuat sebuah artikel yang "berkualitas" tanpa merugikan satu pihak. Yang sudah paham dengan dunia blog, kalo bisa ya berbagi dan jika tidak bisa jangan mem-bully para newbie seperti saya.

Dari penjelasan saya diatas mohon maaf atas kesalahan dalam menulis, kesalahan dalam kata-kata, kesalahan dalam membuat artikel ini. Semoga dari artikel ini tidak ada yang dirugikan. Dan jika ingin ada yang ingin bertanya, silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah ini dengan pertanyaan yang sopan tanpa berbau SARA. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca...

Previous
Next Post »

3 komentar

Fadhel Widya Rakhman delete 24 April 2016 pukul 15.04

nice gan, bisa jadi bahan renungan juga nih

Fadhel Widya Rakhman delete 24 April 2016 pukul 15.05

nice gan, bisa jadi bahan renungan juga nih

achmad jaelani delete 1 Mei 2016 pukul 11.53

Yg kelima kyknya ane banget :D nice info mas, jadi tau hal yg harus dihindari utk menjadi seorang blogger

Posting Komentar