Kamis, 28 April 2016

Mitos 'KATANYA' yang ada diIndonesia

KATANYA.



Oiyaa sebelum membaca 'coretan' ini saya mohon maaf kalo ada salah salah kata atau ada kalimat/kata yang membuat pihak sakit hati. Tapi ini gasemuanya benar kok. Ini hanya pendapat saya dan ini hanya 'coretan pelajar'.

Menurut saya sih kalo yang namanya KATANYA belum pasti kebenarannya. Banyak sekali 'KATANYA' yang ada diIndonesia, entah dari masalah teman, sekolah, keluarga, keseharian, kesehatan, sahabat dan semacemnya.

Saya menulis ini awalnya karena kepikiran dengan KATANYA tentang sekolah.

Gini loh, yang pertama.
Ada yang bilang kalo kita sekolah ( entah di sd, smp atau sma) di sekolah elit KATANYA untuk lanjut ke jenjang selanjutnya itu gampang. Dan KATANYA kalo kita berkuliah ditempat universitas yang ternama, terkenal, mahal, elit itu untuk kerjanya gampang. Menurut saya sih engga menentu ah. Universitas/sekolah itu hanya perantara kita untuk mencari ilmu, nah tergantung bagaimana kitanya yang belajar, bagaimana kitanya untuk meningkatkan kualitas diri.

"Universitas manapun akan tetap sama kecuali diri kita yang duduk disana yang mau meninggikan kualitas diri. Soal sukses, itu soal kita.. bukan almamaternya" -anakkuliah -

Nahh itu quotes dari anakkuliah begitu isinya, saya sih setuju. Tapi ya itu terserah kalian juga sih mau berpendapat bagaimana. Disini saya tidak menyalahkan sekolah ELIT loh yaa. Sekolah ELIT juga 'kuat' uangnya ya karena emang kualitasnya juga bagus.

Yang kedua tentang sahabat.

Ada yang mengatakan sahabat itu KATANYA yang selalu ada disaat kita susah maupun senang. Kan temen juga ada yang begitu. Untuk nyari sahat itu sulit loh, jadi kalo kalian udh punya sahabat tolong dijaga hubungan baiknya, jangan sampai persahabatannya rusak karena hal yang sepele.

Menurut saya sih sahabat itu bukan hanya orang yang seperti itu. Tapi sahabat itu yang ketika kita salah, mereka menegur kita. Ketika kita lupa, mereka mengingatkan kita.

"Terkadang mereka juga mengingkatkan kita secara tidak langsung tentang kebaikan".

Menurut saya: Sahabat itu bukan masalah seberapa lama kalian berteman lalu bisa menjadi sahabat, tapi sahabat itu sudah berapa banyak kebaikan yang telah kalian lakukan bersamasama.

Yang ketiga tentang keseharian.

- KATANYA gaboleh duduk di depan pintu, ntar jodohnya balik lagi.
Jodoh itu Tuhan yang menentukan, mau kalian duduk diatas genting, diatas pohon, dibawah got, kalo emang udh jodohnya ya ga bisa nolak. Mungkin disini maksudnya bukan jodoh bakal balik lagi, cuman ya ga sopan aja kalo duduk di depan pintu, gaenak diliat. Toh tempat duduk juga banyak kan?

- KATANYA kalo habis makan sendoknya di'tengkurepin' atau di tutup/dibalik biar ga laper lagi.
Duhh, saya kalo habis makan sendok ga dibiarin juga tetep kenyang kok. Nah gimana kalo orang yang makanya ga pake sendok tapi malah pake tangan? Masa tangannya yang dibalik?:v. Mungkin itu sudah jadi adat, entah deh itu dari adat daerah mana atau bangsa mana. Jujur saya dari cirebon baru tau adat gitu ketika saya kelas 9.

- KATANYA kalo lagi makan nasinya harus dihabisin, kalo ga dihabisin ntar ayamnya nangis atau nasinya nangis.
Emm, kalo ga dihabisin ntar ayamnya nangis? Kalo yang ga punya ayam gimana dong?
Mungkin maksudnya gini, bukan masalah ayamnya nangis atau nasinya nangis. Tapi masalah kita tabdzir terhadap makanan. Orang tua bilang begitu karena tau untuk membeli beras itu butuh uang, untuk nyari uang itu ga gampang. Dan juga liat orang orang diluar sana yang untuk makan nasi aja susah. Kita jangan buang buang nasi, atau jangan mubadzir. Jadi ya kalo mau makan sebaiknya diatur makanannya sesuai dengan kemampuan perut kita untuk makannnya.

- KATANYA kalo minum atau makan jangan sambil berdiri ntar jadi kuda.
Siluman kali ah:v
Gini, orang tua mengingatkan kita begitu bukan karena kita akan jadi kuda. Tapi itu karena untuk kesehatan kita. Rasulullah juga melarang kita untuk makan atau minum sambil berdiri kok. Kalo makan atau minum sambil berdiri bisa membuat kita tersedak. Alasan lebih lanjut bisa kalian cari di google tentang alasan mengapa rasulullah melarang kita untuk tida Makan atau minum sambil berdiri. Saya mau jelasin, tapi takut salah.

Cukup segini dulu deh, sebenernya sih masih banyak lagi. Cuma yaa lain kali lagi aja.

Oiya sekali lagi saya minta maaf ya kalo misa ada pihak yang merasa sakit hati. Maaf kalo ada kata kata yang salah. Kurang dan kurangnya saya mohon maaf. Jangan sungkan untuk memberi kritik dan sarannya. Selamat pagi dan selamat ber-aktifitas.

Previous
Next Post »

6 komentar

Irfan Muhammad delete 28 April 2016 pukul 23.19

namanya aja mitos hehe, bisa dipercaya bisa engga :D

Erisco Berto delete 29 April 2016 pukul 09.07

Wahaha, sugesti orang indonesia, boleh percaya boleh tidak :D

Ieda Wanda delete 29 April 2016 pukul 13.50

Hmhm kalau masih sugesti mending dicari terlebih dahulu kebenarannya

Embed Alfiansyah delete 29 April 2016 pukul 18.57

hehe Indonesia memang tak pernah lepas dari Mitos, dan itu memang masih dipercayai sebagian orang Indonesia di masa kni

achmad jaelani delete 1 Mei 2016 pukul 11.48

Jangan makan sambil jongkok, pegell :D

Kang Wahyu delete 5 Mei 2016 pukul 00.55

Indonesia gituloh :D hehe

Posting Komentar